Blender adalah sebuah software
open-source grafis 3D. Tapi karena software ini open-source bukan berarti Blender
kalah dari software-software lain yang sejenis, malah Blender adalah salah satu
software 3D paling bagus.
Blender bisa digunakan untuk membuat objek 3D,
membuat animasi, bahkan membuat game (Blender Game Engine).![]() |
Tampilan Blender |
Blender pertama kali dikembangkan
tahun 1995 oleh studio animasi Neo Geo dan Ton Roosendaal sebagai developer
utamanya yang kemudia dibeli perusahaan lain setelah Neo Geo diakuisisi oleh
perusahaan lain. Tahun 2002 Ton Roosendaal memulai kampanye “Free Blender”
untuk menggalang dana sebanyak 100.000 EUR agar Blender bisa menjadi software
open-sorce dengan. Saat ini Blender dikembangkan oleh Blender Institute dan
komunitasnya.
![]() |
Contoh hasil render dari Blender |
Berikut adalah kelebihan dan
kekurangan dari Blender.
·
Kelebihan:
1. Open-Source
Artiya kita
bisa menggunakan software ini secara gratis untuk keperluan individu maupun
komersial dan kita juga bisa mengubah source code Blender untuk berbagai
kepentingan asalkan tidak melanggar peraturan GNU.
2. Multi-Platform
Blender
bisa digunakan pada Windows, Mac OSX, dan Linux.
3. Lengkap
Selain
kegunaan utama sebagai software pembuat gambar 3D, Blender juga bis digunakan
untuk membuat animasi 3D, simulasi, video editing, dan membuat game.
4. Komunitas
Komunitas Blender
yang besar dan aktif memudahkan kita untuk troubleshooting masalah teknis
maupun saat dalam kesusahan saat dalam project. Bahkan komunitas Blender juga
turut berperan langsung sebagai pengembang (developer) Blender itu sendiri. Komunitas
Blender banyak tersebar diinternet seperti Youtube dan Reddit.
·
Kekurangan:
1. Banyak
Hotkey
Walaupun
kita tetap bisa menggunakan blender tanpa menggunkan Hotkey, tapi tetap harus
hafal hotkey jika mau belajar melalui Youtube. Beda dengan 3Ds Max yang hampir
tidak ada hotkey.
2. Pengaturan
awal “aneh”
Saat
pertama kali membuka Blender User akan sedikit bingung dengan tombol mouse yang
rasanya seperti terbalik. Pada pengaturan default Blender, kita memilih objek
dengan klik kanan. Ini bisa diubah pada menu User Preferences (Crtl+Alt+U)
kemudian pada tab input, pada bagian select with, plih left.
3. 3 Render
Engine
Kadang ada
bentrok pada tiap render engine. Misalnya saat kita sedang meggunakan Blender
Engine dan kita sudah memberikan texture pada objek. Saat kita pindah ke Cycle
Engine, maka texture yang kita buat tidak terlihat di viewport dan hasil
render.