Pada
kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit tutorial untuk
membuat objek di Blender. Karena bahasan ini merupakan hal dasar dalam
penggunaan Blender, maka saya akan memberikan tutorial untuk membuat objek yang
simple tapi bukan standart object. Dan pada tutorial kali ini saya berusaha
seminimal mungkin dalam penggunaan hotkey.
DISCLAIMER: ADA BANYAK CARA UNTUK MEMBUAT SEBUAH
OBJEK PADA BLENDER.
Kali
ini kita akan membuat sebuah Pensil. Untuk membuat pensil, kita akan
menggunakan cylinder sebagai objek dasar. Pertama kita harus membuang semua
objek yang ada saat pertama kali kita membuka Blender, objek tersebut adalah
kubus, lampu, dan kamera. Pilih Select
pada menu tab 3D View editor, kemudian pilih (De)select All, dan tekan Delete.
![]() |
(De)select All |
Buatlah
mesh cylinder dengan cara pilih Add
pada menu tab di 3D View editor, kemudian pilih Mesh, dan Cylinder.
![]() |
Add Cylinder |
Setelah
cylinder jadi, kita harus membuat cylinder tersebut panjang menyerupai pensil
yang baru. Caranya pilih Scale pada
Tools Tab Kemudian kunci pergerakan agar objek bergerak hanya pada sumbu z
dengan cara tekan hotkey Z, kemudian
drag mouse.
![]() |
Scale Z |
Berikutnya
kita harus mengubah object interaction di menu tab 3D View editor dari Object Mode ke Edit Mode.
![]() |
Object to Edit Mode |
Berikutnya
pilih Loop Cut and Slide pada tools
tab. Kemudian klik kanan mouse pada objek lalu klik kiri agar loop cut tidak
bergerak (cancel slide).
![]() |
Loop Cut and Slide |
Kemudian
klik kanan dan tahan sumbu Z (garis biru) ke bawah hingga kira-kira seperti
gambar dibawah.
![]() |
Tarik ke Bawah |
Masuk
ke menu Select dan pilih (De)select All,
kemudian pilih semua vertex (titik) pada bagian paling bawah. Caranya tekan
tombol Limit selection to visible,
kemudian gunakan Border Select. Lalu
blok semua vertex yang ada di bawah cylinder seperti berikut.
![]() |
Unlimit Selection |
Kemudian
pilih Scale pada tools tab, lalu
ketik 0 agar ojek yang terpilih
mengecil hingga titik paling kecil.
![]() |
Scale 0 |
Tahap
terakhir adalah tweaking. Anda bisa mengubah posisi vertex, ukuran objek,
panjangnya, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar objek yang telah anda buat
(pensil), terlihat seperti bentuk aslinya. Tentu saja pensil yang
dibuat belum kita berikan texture karena untuk masalah texturing akan saya bahas
pada postingan berikutnya.
sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.
1 comments:
commentsHarrah's Atlantic City - MapyRO
ReplyFind 파주 출장마사지 harrah's atlantic city, 속초 출장샵 taxi, 춘천 출장안마 biking, walking, driving, and 하남 출장마사지 ridesharing. Directions 광명 출장샵 · (609) 624-4700. Call Now · More Info. Hours, Accepts Credit Cards,