Blender Tutor: Membuat Objek Sederhana


Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit tutorial untuk membuat objek di Blender. Karena bahasan ini merupakan hal dasar dalam penggunaan Blender, maka saya akan memberikan tutorial untuk membuat objek yang simple tapi bukan standart object. Dan pada tutorial kali ini saya berusaha seminimal mungkin dalam penggunaan hotkey. 


DISCLAIMER: ADA BANYAK CARA UNTUK MEMBUAT SEBUAH OBJEK PADA BLENDER.




Kali ini kita akan membuat sebuah Pensil. Untuk membuat pensil, kita akan menggunakan cylinder sebagai objek dasar. Pertama kita harus membuang semua objek yang ada saat pertama kali kita membuka Blender, objek tersebut adalah kubus, lampu, dan kamera. Pilih Select pada menu tab 3D View editor, kemudian pilih (De)select All, dan tekan Delete.
(De)select All

Buatlah mesh cylinder dengan cara pilih Add pada menu tab di 3D View editor, kemudian pilih Mesh, dan Cylinder.
Add Cylinder

Setelah cylinder jadi, kita harus membuat cylinder tersebut panjang menyerupai pensil yang baru. Caranya pilih Scale pada Tools Tab Kemudian kunci pergerakan agar objek bergerak hanya pada sumbu z dengan cara tekan hotkey Z, kemudian drag mouse. 
Scale Z

Berikutnya kita harus mengubah object interaction di menu tab 3D View editor dari Object Mode ke Edit Mode.
Object to Edit Mode

Berikutnya pilih Loop Cut and Slide pada tools tab. Kemudian klik kanan mouse pada objek lalu klik kiri agar loop cut tidak bergerak (cancel slide). 
Loop Cut and Slide
 
Kemudian klik kanan dan tahan sumbu Z (garis biru) ke bawah hingga kira-kira seperti gambar dibawah.
Tarik ke Bawah
Masuk ke menu Select dan pilih (De)select All, kemudian pilih semua vertex (titik) pada bagian paling bawah. Caranya tekan tombol Limit selection to visible, kemudian gunakan Border Select. Lalu blok semua vertex yang ada di bawah cylinder seperti berikut.
Unlimit Selection

Kemudian pilih Scale pada tools tab, lalu ketik 0 agar ojek yang terpilih mengecil hingga titik paling kecil.
Scale 0

Tahap terakhir adalah tweaking. Anda bisa mengubah posisi vertex, ukuran objek, panjangnya, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar objek yang telah anda buat (pensil), terlihat seperti bentuk aslinya. Tentu saja pensil yang dibuat belum kita berikan texture karena untuk masalah texturing akan saya bahas pada postingan berikutnya.

sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
3/04/2022 3:40 PM delete

Harrah's Atlantic City - MapyRO
Find 파주 출장마사지 harrah's atlantic city, 속초 출장샵 taxi, 춘천 출장안마 biking, walking, driving, and 하남 출장마사지 ridesharing. Directions 광명 출장샵 · (609) 624-4700. Call Now · More Info. Hours, Accepts Credit Cards,

Reply
avatar